5 Cara Alami Menurunkan Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

Cara Mengobati Asam Urat

Idealnya, asam urat dapat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Asam urat sendiri berasal dari pemecahan purin, senyawa kristal yang terdapat dalam makanan tertentu. Akan tetapi, jumlah asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh membuat ginjal tidak mampu menghilangkannya. Kondisi itulah yang kemudian disebut hyperuricemia atau penyakit asam urat. Nah, berikut adalah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

1. Minum Banyak Air Putih

Perbanyak minum air putih untuk membersihkan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kristal asam urat akan sulit terbentuk. Karena itu, minumlah setidaknya 3-4 liter air sehari untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.

2. Hindari Makanan Tinggi Purin

Asam urat terbentuk dari pemecahan purin. Walaupun itu secara alami dibentuk oleh tubuh, purin juga bisa didapat dari makanan tertentu seperti daging merah, jamur, produk yang dipanggang, produk yang mengandung ragi, dan produk fermentasi. Jika kamu bermasalah dengan asam urat, sebaiknya hindari makanan tersebut.

3. Perbanyak Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat dapat membantu menyerap asam urat yang ada dalam aliran darah. Itu juga dapat membantu menghilangkan asam urat yang sedang diproses di ginjal. Sumber serat yang baik adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Perbanyak Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C dapat membantu ekskresi asam urat dari tubuh. Sumber vitamin C yang baik untuk tubuh berasal dari buah jeruk, paprika, jambu biji, dan masih banyak lagi.

5. Mengonsumsi Cuka Sari Apel

Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel dapat mengubah alkali dalam tubuh. Minuman ini juga dapat memecah kristal asam urat dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, cuka sari apel juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada sendi, sehingga fleksibilitas sendi pun akan menjadi lebih baik.

Asam urat yang menumpuk di tubuh dapat memicu masalah seperti arthritis, batu ginjal, dan gagal ginjal. Bahkan, studi terbaru juga mengaitkan asam urat tinggi dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here