5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Harus Minum Obat

Tahukah kamu bahwa setiap penurunan 10 persen kadar kolesterol pada tubuh, risiko serangan jantung juga akan turun 20 hingga 30 persen? Untuk bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, perubahan gaya hidup menjadi kuncinya. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa membantu kamu menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

1. Rajin olahraga

Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Berdasarkan temuan dari 13 penelitian, olahraga 30 menit selama lima kali dalam seminggu sudah cukup untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Sarapan oatmeal

Makan oatmeal setiap pagi dapat menurunkan kadar LDL sebesar 5,3 persen hanya dalam 6 minggu. Ini dikarenakan oatmeal mengandung beta-glukan, senyawa yang dapat menyerap LDL dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

3. Perbanyak konsumsi lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal

Asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan LDL. Keduanya sebagian besar ditemukan pada minyak yang berasal dari tumbuhan, termasuk canola, bunga matahari, zaitun, dan biji anggur. Selain itu, alpukat dan kacang kedelai juga merupakan sumber lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh.

4. Mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3

Asam lemak Omega-3 dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh. Beberapa jenis ikan seperti salmon, mackerel dan hering sangat kaya akan asam lemak omega-3. Sumber asam lemak omega-3 lainnya yang baik untuk tubuh adalah kacang kenari, almond, dan biji rami.

5. Perbanyak serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan sangat kaya serat larut. Konsumsi serat akan membuat tubuhmu tidak menyerap kolesterol. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang makan serat 5 hingga 10 gram lebih banyak setiap hari memiliki penurunan LDL yang lebih signifikan. Namun kamu juga harus berhati-hati karena mengonsumsi terlalu banyak serat pada satu waktu dapat menyebabkan kram perut atau kembung.

Yuk jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat! Selamat mencoba tips di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here