6 Fakta Bayi Baru Lahir Yang Wajib Diketahui Orang Tua Baru

FOTO/UNSPLASH

Tak ada yang lebih membahagiakan selain menimang buah hati yang telah dikandung selama 9 bulan. Namun, merawat bayi baru lahir bukan hal mudah. Jika Anda dan pasangan tidak memiliki wawasan memadai tentang cara yang benar dalam merawat bayi baru lahir, hal itu justru bisa membahayakan si kecil. Seperti dilansir parents.com, berikut adalah 6 fakta tentang bayi baru lahir yang wajib diketahui orang tua baru.

1. Kulit bayi baru lahir cenderung kering

Hal ini karena bayi berendam dalam cairan ketuban selama 9 bulan dan kemudian mengalami kontak dengan udara luar. Anda sebetulnya tak perlu melakukan apa-apa untuk mengatasinya. Namun jika Anda sangat ingin mengobatinya, gunakan lotion bayi berlabel hypoallergenic dan bebas pewangi.

2. Bayi baru lahir akan lebih sering menangis

Anda tak perlu cemas karena itu cara bayi berkomunikasi. Si kecil biasanya akan melakukan itu saat dia lapar, popoknya kotor, atau ingin ditimang.

3. Bayi baru lahir akan lebih sering tidur

Bayi baru lahir memang lebih sering tidur, tetapi mereka juga sering terbangun. Itulah yang membuat orang tua baru harus merelakan jam tidur mereka terganggu setidaknya sampai usia bayi mencapai 3 bulan.

4. Bayi baru lahir sangat rentan terinfeksi penyakit

Bayi baru lahir memang sangat mudah terinfeksi virus atau bakteri. Maka, Anda dan pasangan wajib menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan, saat menyentuh si kecil. Hindari pula kontak dengan orang yang sakit agar bayi tidak ikut tertular.

5. Suka diputarkan musik

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh University of Helsinki, bayi baru lahir dapat mengenali musik yang mereka dengar saat masih di dalam rahim. Karena itu, Anda bisa memutarkan musik tersebut untuk menenangkan si kecil.

6. Rajin mengajak berkomunikasi

Meskipun bayi baru lahir tidak dapat berbicara, mereka dapat berkomunikasi secara fisik dengan melakukan gerakan seperti melambai, bertepuk tangan atau menunjuk-nunjuk. Bahkan menurut sebuah penelitian, semakin sering seorang bayi diajak berkomunikasi, kemampuan verbal mereka saat dewasa akan lebih baik.
Inilah enam fakta tentang bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here