6 Solusi Tepat Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Mengatasi Darah Rendah

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal tersebut juga berlaku pada tekanan darah. Tekanan darah tinggi juga sama berbahayanya dengan tekanan darah rendah. Hipotensi atau tekanan darah rendah, membuat aliran darah ke jantung, otak, dan organ vital lainnya menjadi tidak maksimal. Untuk mencegah kondisi yang lebih serius, berikut adalah enam solusi tepat untuk mengatasi hipotensi.

1. Perbanyak Vitamin B12 dan Vitamin E

Vitamin B12 dan E dapat membantu menaikkan tekanan darah. Oleh karenanya, vitamin E sebaiknya tidak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Sementara itu, Vitamin B12 sering digunakan untuk mengobati anemia, yang pada gilirannya juga bisa membantu meningkatkan tekanan darah.

2. Minum kopi

Kopi adalah sumber kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah. Meski efeknya hanya sementara, minuman ini bisa membantu meringankan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh hipotensi. Bagi kamu yang bermasalah dengan tekanan darah rendah, disarankan untuk mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari.

3. Perbanyak air putih

Minumlah setidaknya 2 sampai 3 liter air setiap hari untuk mencegah hipotensi. Ini karena dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab dari tekanan darah rendah. Kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa untuk menambah cairan tubuh.

4. Susu almond

Minum susu almond setiap hari untuk mencegah tekanan darah turun. Minuman ini sangat sehat karena tidak ada kandungan kolesterol atau lemak jenuh dalam susu almond. Bahkan, susu almond kaya akan lemak sehat seperti asam lemak Omega-3.

5. Makanan asin

Saat kamu merasa tekanan darah turun, segera konsumsi makanan asin. Cara ini sangat efektif untuk menaikkan tekanan darah. Itulah kenapa penderita tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk menghindari makanan asin atau yang tinggi garam.

6. Membetulkan posisi tidur

Jika kamu bermasalah dengan tekanan darah rendah, perhatikan posisi kepalamu saat tidur. Sebaiknya posisi kepala lebih ditinggikan saat tidur. Kamu bisa menggunakan bantal yang lebih tinggi atau menambahkan sesuatu di bawah bantal agar posisi kepala menjadi lebih tinggi.

Jika kondisi yang kamu alami tidak kunjung membaik, segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here