Dari Temen Jadi Demen? Ini Cara Agar Persahabatanmu Tetap Terjaga Baik

Verrel Bramasta & Natasha Wilona
FOTO/KOMPAS

Cinta bisa hadir di mana dan kapan saja. Jadi, kamu tak perlu takut ketika cinta datang menghampirimu. Namun, ketika cinta mulai tumbuh di dalam sebuah persahabatan yang sudah terjalin solid, beberapa orang mungkin merasa kalau itu sangat berisiko untuk dijalani.

Di satu sisi, kamu takut rasa cintamu dapat membuat hubungan persahabatan kalian retak, terutama jika kisah cinta kalian ternyata tidak berakhir bahagia. Sementara di sisi lain, kamu juga tidak dapat membendung perasaan cintamu kepadanya. Nah, cobalah tips berikut untuk membuat hubungan persahabatanmu tetap terjaga baik.

1. Pastikan Dulu Jika Dia Benar-Benar Membalas Perasaanmu

Untuk menjaga hubungan persahabatanmu dengannya, pertama-tama pastikan kalau dia juga memiliki perasaan yang sama kepadamu. Jika ternyata hanya bertepuk sebelah tangan, sebaiknya jangan pernah tunjukkan rasa cintamu di hadapannya. Sebaliknya, bila dia ternyata menyimpan rasa yang sama, tak ada salahnya untuk jujur padanya. Mungkin jika kamu dan dia terbuka tentang perasaan satu sama lain, nantinya dapat ditemukan solusi untuk masalah kalian.

2. Jika Mau Pacaran, Sebaiknya Buat Kesepakatan Dulu Dengannya

Kamu dan dia sudah terbuka dengan perasaan masing-masing. Nah, untuk memastikan hubungan persahabatan kalian tetap terjaga baik, sebaiknya buatlah kesepakatan dengannya. Katakan padanya bahwa kamu ingin tetap bersahabat dengannya, meski mungkin suatu saat kalian tak lagi bersama sebagai pasangan. Dan pastikan bahwa dia juga menjaga janji itu sampai kapan pun.

3. Hindari Perubahan Sikap Yang Terlalu Drastis

Bila kamu dan dia akhirnya setuju untuk membina hubungan asmara, sebaiknya biarkan keseharian kalian seperti saat masih berteman dahulu. Kamu boleh memberikan perhatian lebih kepadanya, karena bagaimana pun dia sudah menjadi kekasihmu saat ini. Namun, pastikan jika itu tidak terkesan terlalu berlebihan karena kamu tetap harus menjaga hubungan persahabatanmu dengannya. Intinya, kamu dan dia dapat menjadi pasangan dan sahabat pada waktu yang bersamaan.

4. Tetap Memberi Ruang Untuk Satu Sama Lain

Setelah resmi pacaran, kalian tetap harus memberi ruang untuk satu sama lain. Biarkan dia dengan dunianya dan begitu juga sebaliknya. Kamu dengan duniamu. Biarkan segalanya tetap pada tempatnya. Dengan demikian, dia akan tetap bisa menjadi temanmu, tapi secara bersamaan dia juga dapat menemanimu sebagai pasangan.

Kamu bisa mencoba beberapa tips di atas untuk membuat hubungan persahabatanmu dengannya tetap terjaga dengan baik. Dan sekali lagi, jangan pernah takut untuk jatuh cinta, bahkan jika itu kamu rasakan pada temanmu sendiri. Sebab, cinta adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here