Dihukum Squat Jump 90 Kali, Siswi SMA di Mojokerto Terancam Lumpuh

Squat Jump Maut Mojokerto
Mas Hanum Dwi Aprilia di Pengobatan Sangkal Putung Umi-Abi

Mas Hanum Dwi Aprilia mengalami cedera parah pada syaraf tulang belakang usai  dihukum squat jump 90 kali oleh rekan-rekanya sesama anggota ekstra kurikuler (ekskul) di SMA Negeri 1 Gondang, Mojokero, Jawa Timur.

Siswi kelas XI SMA itu bahkan terancam lumpuh karena cedera yang dialaminya termasuk parah. Siswi tersebut kini tegolek lemah di pengobatan tradisional Sangkal Putung Umi-Abi di Dusun Jarum, Desa Pandanarum, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jatim.

Menurut H. Umar Said terapis Sangkal Putung Umi-Abi, korban yang juga santri dari Pondok Pesantren Al-Ghoits Kabupaten Mojokerto tersebut kini sudah ditangani. Saat ditangani, korban sempat menderita mati rasa pada kedua kaki hingga ke pangkal tulang belakangnya.

“Sekarang ditangani, dia sudah tidak bisa duduk dan bergerak,” terang Umar, seperti dikutip dari Tribunnes.com, Jumat (20/7/2018).

Umar menjelaskan bahwa korban mengalami penyumbatan atau gangguan syaraf tulang belakang terjepit akibat aktivitas squat jump. Seperti pengalamannya, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyebuhkan cedera tersebut.

Jika tidak segera mendapatkan penanganan, penderita cedera syaraf tulang belakang tersebut bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kelumpuhan.

“Korban tidak kuat berdiri mengeluh sakit pada bagian paha dan punggung, semoga bisa cepat sembuh,” harap Umar.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Gondang Nurul Wakidah mengatakan bahwa kegiatan pelatihan yang diikuti oleh korban merupakan promosi Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) ke siswa baru. Kegiatan tersebut menurutnya tanpa izin, sehingga tidak seorang pun guru yang melakukan pengawasan.

Meski begitu, kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan sekolah. Sehingga pihak sekolah mempunyai tanggung jawab terhadap insiden yang menimpa Mas Hanum Dwi Aprilia.

Untuk diketahui, squat jump merupakan salah satu gerakan olahraga yang dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka lebah. Kemudian tangan diletakkan di belakang kepala, lalu sedikit melompat dengan mendarat dengan posisi setengah jongkok.

Gerakan squat jump biasanya dilakukan sebagai bagian dari pemanasan atau mengencangkan otot bagian bawah tubuh.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here