Hidung Si Kecil Tersumbat? Ini Cara Ampuh Meredakannya

Hidung Si Kecil Tersumbat
FOTO/UNSPLASH

Hidung tersumbat dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Kondisi itu bahkan bisa membuat buah hati Anda malas menyusu dan tidak dapat tidur nyenyak. Meski tampaknya kondisi ini cukup mengkhawatirkan, pilek memang sering terjadi pada bayi karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang. Seperti dikutip dari Parents.com, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan hidung tersumbat pada si kecil.

1. Menggunakan penyedot ingus

Anda bisa menggunakan penyedot ingus untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi. Namun pastikan bahwa Anda membeli alat penyedot yang khusus dibuat untuk lubang hidung bayi yang kecil.

2. Memasang humidifier

Anda bisa menaruh sebuah alat penguap udara atau humidifier di kamar si kecil. Alat ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Namun jangan lupa untuk membersihkan mesin tersebut secara teratur, sehingga jamur tidak tumbuh di dalamnya.

3. Membawanya ke ruangan beruap

Taruhlah bak berisi air panas di kamar mandi. Biarkan uapnya mengisi ruangan kamar mandi. Kemudian dudukkan si kecil di pangkuan Anda atau Anda juga bisa menyusuinya di sana selama 20 menit. Uap itu akan membantu mengurangi masalah hidung tersumbat pada buah hati Anda.

4. Meninggikan kepala bayi saat tidur

Coba tinggikan kepala bayi Anda saat tidur. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan selimut di bawah bantalnya. Dengan mengangkat kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya, si kecil akan lebih mudah bernapas saat mengalami hidung tersumbat.

5. Membuat bayi tetap terhidrasi

Berapa pun usia bayi Anda, sangat penting untuk membuatnya tetap terhidrasi dengan baik saat flu. Seorang bayi biasanya ingin lebih sering menyusu ketika sakit. Itu dilakukannya untuk mendapatkan sebuah kenyamanan. Maka, sebaiknya lebih sering susui bayi Anda ketika dia flu, terutama saat dia bermasalah dengan hidung tersumbat.

Jika lendir yang keluar dari hidung bayi menjadi lebih tebal dan berubah warna, dan kemudian disertai dengan demam dan dia tampak sering memukul telinganya, segeralah bawa si kecil ke dokter. Itu bisa jadi tanda infeksi telinga tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here