Jangan Pernah Melawatkan Sarapan Jika Tak Mau Begini!

Jangan Lewatkan Sarapan
FOTO/UNSPLASH

Beberapa orang menyepelekan sarapan. Mereka menganggap bahwa sarapan bisa dirangkap dengan makan siap. Alasannya pun beragam, mulai dari tidak sempat makan, ingin diet, sampai ingin irit.

Tapi kamu tidak akan pernah menyangka bahwa ternyata tidak sarapan justru membahayakan tubuh. Efek negatif dan penyakit mengerikan siap memasuki tubuhmu. Jangan main-main, karena ini tidak bisa disepelekan. Untuk lebih jelasnya, lihat efek negatif apa yang akan terjadi jika kamu meninggalkan sarapan.

1. Kesehatan jantung memburuk

Dalam sebuah penelitian, muncul fakta bahwa jika seseorang tidak sarapan maka orang tersebut akan berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan penyakit kardiovaskuler. Hal ini disebabkan oleh perubahan metabolik tertentu pada tubuh.

Untuk itu, sarapan sebaiknya dibiasakan agar kesehatan jantung kamu terjaga.

2. Rawan terkena diabetes

Tidak sarapan di pagi hari secara teratur dapat membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit diabetes. Hal ini disebabkan kadar glukosa dalam tubuh terganggu, sementara perut kosong dalam kurun waktu yang relatif lama.

3. Berat badan naik

Jika kamu beranggapan bahwa tidak sarapan untuk diet, maka kamu salah besar. Pada dasarnya, diet tetap mengharuskan kamu untuk sarapan. Pasalnya jika tidak sarapan, maka di siang hari kamu akan cenderung makan dalam porsi yang lebih bnyak. Nah, hal ini yang justru akan membuat berat badan kamu tidak turun, malah naik.

4. Metabolisme lambat

Sekali lagi, melewatkan waktu sarapan jelas tidak sehat. Jika dilakukan secara terus menerus, maka hal tersebut dapat memperlambat tingkat metabolisme tubuh hingga batas tertentu. Akibatnya apa? Jelas akibatnya membuat jalan bagi sejumlah masalah lainnya datang ke tubuh.

5. Menurunkan fungsi otak

Ketika kamu memutuskan untuk tidak sarapan di pagi hari, maka otak kamu mulai menerima oksigen dan darah yang lebih sedikit. Akibatnya akan mempengaruhi berbagai fungsi kognitif. Maka, benar bahwa orang tua dulu selalu mengharuskan anaknya untuk sarapan dulu sebalum berangkat sekolah dengan rayuan agar lebih pintar di kelas. Ya, ini benar-benar terbukti!

6. Suasana hati buruk

Jika kamu melewatkan sarapan, maka ada kemungkinan mood kamu di hari itu akan buruk. Atau cenderung tidak menentu. Apabila ada ungkapan, “Lo resek kalo lagi laper!”

Nah, itu bisa jadi benar. Orang yang lapar mungkin akan mengalami perubahan mood yang tidak terduga.

7. Radang perut

Mengalai kekosongan perut selama beberapa jam dengan meninggalkan sarapan di pagi hari dapat menyebabkan akumulasi gas dalam perut. Sehingga hal tersebut dapat berakhir pada gastritis atau yang biasa dikenal dengan radang perut. Selain itu, keasaman juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here