Kecepatan 4G LTE, Singapura Posisi Puncak Indonesia Lima Dari Bawah

Layanan internet 4G LTE (Long Term Evolution) pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2013 lalu, Internux (Bolt) merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan layanan 4G LTE di Indonesia sebelum akhirnya diikuti oleh operator seluler lain seperti Telkomsel, XL Axiata dan Indosat.

Hingga saat ini, hampir semua operator seluler di Indonesia sudah memberikan layanan 4G LTE kepada masyarakat dengan harga yang berbeda-beda dan promo yang menarik. Meski seringkali masyarakat mengeluhkan layanan 4G LTE yang ditawarkan oleh operator seluler lebih lambat daripada 3G.

Menurut data terbaru dari OpenSignal, terhitung November 2017 Indonesia menempati urutan ke-39 dengan ketersediaan layanan 4G LTE sebanyak 72,44% di seluruh Indonesia. Sementara itu, negara tetangga Malaysia berada satu tingkat dibawah Indonesia diurutan ke-40 dengan ketersediaan 71,97% diseluruh wilayah Malaysia.

Korea Selatan dan Jepang masing-masing berada pada urutan ke-1 dan ke-2 dengan ketersediaan 96,69% di seluruh Korea Selatan dan 94,11% di seluruh wilayah Jepang.

Lalu mengenai kecepatan Indonesia berada diposisi berapa? Ya, untuk masalah kecepatan Indonesia masih kalah jauh dengan negara tetangga Singapura yang menduduki posisi puncak akses jaringan 4G LTE terecpat di dunia.

Jika Singapura menduduki posisi puncak dengan kecepatan akses 4G LTE sebesar 46,64 Mbps, Indonesia berada di posisi ke-73 atau lima terbawah dengan kecepatan akses jaringan 4G LTE hanya 9,02 Mbps. Selain kalah telak dari Singapura, kecepatan jaringan 4G LTE di Indonesia juga kalah cepat dari Malaysia yang menduduki posisi ke-60 dengan kecepatan akses 4G LTE sebesar 14,17 Mbps.

Selain ketersediaan layanan 4G LTE di seluruh Indonesia yang penting untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi, semoga saja operator seluler di Indoneisia juga mengembangkan kecepatan akses layanan 4G LTE yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari masyarakat khususnya dalam memperoleh informasi.

Statistik Ketersediaan Layanan 4G LTE

Statistik Kecepatan Layanan 4G LTE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here