Kenali Tanda Bayi Kembung dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Bayi Kembung
FOTO/PARENTS COM

Bayi sangat mudah mengalami perut kembung. Bahkan, bayi bisa kentut sebanyak 13 sampai 21 kali setiap hari. Ini karena bayi sering menelan banyak udara. Hal itu umumnya terjadi ketika mereka menyusu, entah itu dari botol ataupun payudara sang ibu. Udara juga bisa masuk ke tubuh bayi saat mereka menangis.

Maka saat udara tersebut terperangkap di perut bayi, mereka akan menunjukkan tanda-tanda seperti: sering bersendawa, rewel, menangis terus-menerus, sering buang gas, dan memiliki perut yang keras. Seperti dikutip dari webMD, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada si kecil di rumah ketika perutnya kembung.

1. Pijat perut

Ketika bayi Anda berbaring telentang, gosok perutnya dengan gerakan searah jarum jam. Kemudian tarik tangan Anda ke bagian lekuk perut bayi. Setelah itu, lakukan pijatan ILU. Gunakan dua atau tiga jari untuk memijat perutnya dengan gerakan membentuk huruf I, L, dan U. Lakukan beberapa kali untuk membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.

2. Tummy time

Anda bisa melakukan tummy time pada si kecil. Caranya dengan membiarkan bayi tidur tengkurap selama beberapa saat. Tekanan gravitasi bisa membantu mendorong gas yang terperangkap di perutnya. Ritual ini juga akan membantu bayi Anda melatih kekuatan lengan dan lehernya.

3. Gerakan mengayuh sepeda

Ketika bayi Anda tidur telentang, perlahan angkat kakinya dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Cara ini dapat menciptakan gerakan di usus dan mendorong gas yang terperangkap untuk keluar dari tubuh.

4. Membedongnya

Bayi biasanya akan merasa tenang dan nyaman saat mereka dibedong. Untuk bayi baru lahir, hal itu memberi mereka sensasi seperti ketika ada di dalam rahim.

5. Lebih sering disendawakan

Cara termudah untuk meredakan kembung pada bayi adalah dengan lebih sering membuat mereka bersendawa. Sebaiknya hal itu dilakukan segera setelah bayi menyusu. Namun apabila bayi Anda tidak kunjung bersendawa, baringkan dia selama beberapa menit dan kemudian coba lagi. Lakukan terus sampai dia benar-benar bersendawa.

Jika keluhan bayi Anda tak kunjung hilang, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here