Kesejukan Panorama Air Terjun Cikaso di Sukabumi

Air Terjun Cikaso , Kamera Budaya
FOTO/ KAMERA BUDAYA

Air terjun masih jadi primadona di kalangan pelancong yang suka berpetualang di alam. Beruntung, Indonesia memiliki banyak sekali air terjun indah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan di Pulau Jawa sendiri, kamu bisa menemukan banyak air terjun dengan panorama menakjubkan.

Nah, kali ini kita akan menengok sejenak ke Sukabumi. Kota ini berada di Provinsi Jawa Barat dan memiliki luas sekitar 48,42 km persegi. Meski wilayah kota ini tidak begitu luas, keindahan Sukabumi sudah tersohor ke seluruh Indonesia. Berada di bawah kaki Gunung Pangrango dan Gunung Gede, iklim Sukabumi memang dikenal sangat sejuk. Dan suhu maksimal di kota tersebut rata-rata hanya mencapai 29 derajat Celcius.

Tak hanya memiliki iklim yang nyaman buat dipakai liburan, Sukabumi juga menyimpan banyak destinasi alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang banyak dikunjungi wisatawan adalah spot air terjun Cikaso. Dalam bahasa Sunda, air terjun ini disebut Curug Cikaso. Akan tetapi, penduduk sekitar juga sering menyebut spot wisata ini dengan nama Curug Luhur.

Air yang mengalir di air terjun ini berasal Sungai Cicurug, anak Sungai Cikaso. Itulah kenapa spot wisata ini lebih sering disebut Curug Cikaso. Selain tersohor dengan warna airnya yang hijau-kebiruan, Curug Cikaso juga menawarkan pemandangan tiga titik air terjun yang saling berdampingan. Mereka adalah Curug Meong, Curug Asepan, dan Curug Aki.

Dua titik tampak sangat jelas, sementara yang satu agak tersembunyi di balik tebing. Lokasi dari air terjun ini berada di   Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk tiket masuk ke destinasi ini, pemerintah setempat telah menetapkan retribusi sebesar Rp 3.000 per orang.

Sesampainya di area parkir, pengunjung harus berjalan menyusuri area persawahan terlebih dulu untuk sampai ke tujuan. Jarak yang ditempuh sekitar 300 meter, atau kamu bisa menumpang sampan penduduk setempat dengan harga sewa per orang Rp 10.000. Biasanya satu sampan dihargai Rp 60.000, yang dapat menampung sampai 10 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here