Mari Kenali Warna Feses Bayi dan Artinya

Mengenali Feses Pada Bayi

Kesehatan bayi Anda bisa dideteksi dari warna fesesnya. Oleh karenanya, sangat penting untuk memperhatikan warna feses bayi. Setiap warna memiliki arti tersendiri. Pada beberapa kasus, warna feses bayi bisa menjadi tanda untuk kondisi tertentu. Seperti dilansir Babyreference.com, berikut adalah beberapa warna feses bayi dan artinya.

1. Hijau muda

Warna ini menunjukkan bahwa bayi Anda terlalu banyak mendapat foremilk, jenis susu yang keluar pada awal menyusui. Maka pastikan bahwa si kecil menyusu sampai tuntas di satu payudara agar dia mendapatkan hindmilk, jenis susu yang keluar di akhir menyusui. Jika dibanding foremilk, hindmilk sangat kaya akan lemak. Selain kelebihan foremilk, warna feses ini juga bisa disebabkan oleh kepekaan terhadap sesuatu yang Anda makan (biasanya produk susu).

2. Merah

Warna ini biasanya muncul ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti bit, tomat, ceri atau minuman berwarna merah/ungu.

3. Hijau kekuningan

Bayi yang menerima ASI eksklusif umumnya memiliki feses berwarna hijau kekuningan. Kotoran bayi dengan ASI eksklusif biasanya juga memiliki serpihan kecil seperti biji di dalamnya. Kotorannya juga bisa sangat berair.

4. Kuning kecokelatan

Bayi yang diberikan susu formula biasanya menghasilkan kotoran berwarna kuning kecokelatan atau mirip warna selai kacang. Selain itu, feses bayi yang diberikan susu formula berbau lebih menyengat daripada bayi peminum ASI.

5. Hijau tua

Bila Anda mengonsumsi suplemen zat besi, itu terkadang bisa membuat kotoran si kecil berubah menjadi hijau tua. Warna feses ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang berwarna hijau tua. Namun jika Anda tidak sedang mengonsumsi suplemen zat besi dan Anda juga tidak makan makanan berwarna hijau, sebaiknya segera hubungi dokter.

6. Cokelat

Kotoran bayi Anda akan berubah menjadi cokelat saat dia mulai mengonsumsi makanan padat. Fesesnya juga akan berbau tidak sedap, serta memiliki tekstur lebih tebal, tetapi belum benar-benar padat.

Segera temui dokter jika warna feses bayi Anda tampak pucat atau putih, karena itu bisa jadi tanda dia tidak dapat mencerna makanan dengan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here