Selain Makan Gorengan, Hindari Konsumsi Ini Saat Batuk

Batuk memang tergolong penyakit ringan. Akan tetapi, kondisi itu bisa sangat menyiksa dan membuat kamu malas melakukan apa pun. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan atau minuman yang dapat memperparah batuk. Selain gorengan, makanan atau minuman di bawah ini juga sebaiknya dihindari ketika batuk.

1. Makanan yang bisa memicu alergi

Jika batuk yang kamu alami ada kaitannya dengan penyakit asma, hindari makanan atau minuman yang dapat memperparah kondisi tersebut. Pada beberapa kasus, makanan pemicu alergi dapat memperparah gejala asma. Beberapa makanan yang menjadi penyebab alergi seperti susu sapi, kerang, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Selain itu, minuman seperti wine dan soda juga mengandung bahan kimia yang dapat memicu asma.

2. Susu dan semua produk olahan susu

Untuk meringankan batuk, hindari makanan atau minuman yang dapat merangsang pembentukan lendir. Faktanya, kandungan protein dalam susu dapat memicu pembentukan lendir di saluran pernapasan, terutama di paru-paru dan tenggorokan. Fakta itu diungkapkan pada sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses pada tahun 2009. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi susu dan produk olahan susu saat sedang batuk.

3. Kafein

Saat batuk, tenggorokan biasanya akan terasa kering. Kondisi itu tentunya akan membuat kamu tidak nyaman saat menelan. Untuk menenangkan tenggorokan yang kering, kamu harus memastikan bahwa tubuhmu telah terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein saat batuk. Seperti yang diketahui, kafein memiliki sifat diuretik. Artinya, itu dapat merangsang ginjal untuk meningkatkan sekresi urine. Kondisi tersebut dapat memicu dehidrasi yang dapat memperparah batuk.

4. Makanan olahan

Untuk menyembuhkan batuk, tubuh harus memiliki sistem kekebalan yang baik. Namun, nutrisi yang buruk dapat menghambat kinerja sistem imun. Akibatnya, batuk jadi lebih susah untuk disembuhkan. Untuk itu, hindari makanan olahan yang minim nutrisi. Beralihlah ke makanan sehat seperti sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar.

Meski tampaknya ringan, batuk bisa mengganggu aktivitas keseharianmu. Maka, jagalah pola makan saat batuk agar kondisi tubuh cepat fit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here