Teluk Hijau, Surga Yang Bersembunyi di Desa Sarongan

Teluk Hijau, Banyuwangi.
FOTO/RESERVASI

Selain Pantai Plekung, Banyuwangi juga punya Green Bay atau Teluk Hijau sebagai salah satu daya tarik wisata dari Desa Sarongan. Pantai ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Karena air di pantai ini cenderung berwarna hijau, masyarakat setempat sering menyebutnya Teluk Hijau. Jika Anda tertarik untuk datang ke sini, letaknya sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi.

Anda akan menemukan pemandangan karang yang elok dan hamparan pasir putih yang berkilau. Betapa indahnya pesona Teluk Hijau jika dipandang mata. Selain itu, pantai ini juga memiliki sebuah air terjun. Tingginya kira-kira 8 meter. Pelancong biasanya menggunakannya untuk membilas tubuh sehabis berenang di pantai.

Keunikan pantai ini memang berasal dari warna air lautnya yang cenderung hijau. Padahal warna air di sekitar teluk umumnya biru. Hal ini karena Teluk Hijau memiliki dasar perairan yang dangkal, yang juga dihuni oleh banyak alga hijau. Alga-alga itu kemudian memantulkan warna hijau ke permukaan air.

Pantai Teluk Hijau, Sarongan, Banyuwangi.
FOTO/RESERVASI

Untuk mencapai Teluk Hijau, Anda perlu berjuang lebih keras karena jalan yang akan dilewati tergolong cukup terjal. Sebagian mungkin akan merasa putus asa atau bingung untuk menemukan lokasi pantai ini, sebab tempatnya cukup tersembunyi. Teluk Hijau terletak sekitar 300 meter dari Pantai Batu, atau lebih tepatnya di balik perbukitan kecil di sebelah barat pantai tersebut.

Namun Anda tidak boleh menyerah. Ikuti saja langkah kaki Anda. Setelah memasuki hutan dan melewati sebuah aliran sungai kecil, Anda harus menuju ke balik bukit karang. Nah, jika Anda berhasil melewatinya, Anda akan sampai ke surga itu. Teluk Hijau.

Rute yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke Teluk Hijau adalah, dari kota Banyuwangi, lalu mengarah ke Pesanggaran, Sarongan, dan kemudian Sukamade. Ini masih satu jalur dengan rute menuju Pantai Sukamade yang juga berada di kawasan Taman Nasional Merubetiri. Anda juga bisa mengakses Teluk Hijau melalui Pantai Rajegwesi dengan menyewa sebuah perahu. Tetapi Anda perlu berhati-hati karena laut selatan memiliki gelombang yang besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here