Wajib Dicoba! 7 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

FOTO/UNSPLASH

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi, sering dianggap sebagai silent killer. Ini karena hipertensi acapkali tidak menunjukkan gejala, sehingga kondisi itu sering tidak diobati. Namun tahukah kamu bahwa tekanan darah tinggi dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti kerusakan pembuluh darah, penyakit ginjal, dan stroke. Untuk itu, berikut adalah beberapa makanan yang ampuh dalam menurunkan hipertensi.

1. Berries

Berries mengandung flavonoid yang terbukti dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah. Karena itu, yuk masukan blueberry, raspberry, dan stroberi ke dalam menu harianmu. Kamu bisa menyantapnya sebagai kudapan sehat atau menambahkannya ke dalam sereal.

2. Susu skim

Susu skim adalah sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, susu jenis ini juga rendah lemak. Sangat cocok untuk mereka yang bermasalah dengan kolesterol tinggi dan sedang menjalani diet.

3. Yogurt

Berdasarkan temuan American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima porsi (atau lebih) yogurt dalam seminggu mengalami penurunan risiko hipertensi sampai 20 persen. Meski begitu, sebaiknya pilih jenis yogurt yang tidak mengandung gula.

4. Oatmeal

Menyantap semangkuk oatmeal saat sarapan adalah cara terbaik untuk memulai hari. Oatmeal adalah makanan tinggi serat, namun rendah lemak dan sodium. Itulah yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

5. Bawang Putih

Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan hipertensi dengan meningkatkan kadar nitrat oksida dalam tubuh. Nitrat oksida sendiri berperan dalam mendorong pelebaran arteri. Hal tersebut tentunya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mangga

Sering disebut sebagai rajanya buah, mangga sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Mangga mengandung banyak serat dan beta-karoten, yang keduanya diketahui efektif dalam menurunkan tekanan darah.

7. Dark Chocolate

Berkat kandungan flavonoid di dalamnya, dark chocolate sangat ampuh dalam mengontrol tekanan darah. Cokelat jenis ini biasanya mengandung lebih dari 60 persen kakao padat bila dibandingkan cokelat biasa.

Selain mengonsumsi makanan di atas, sebaiknya kamu juga mengecek tekanan darah secara teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here