Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Menjalankan Puasa

0
4

Untuk sebagian orang, menunaikan ibadah puasa bisa jadi bukan persoalan mudah. Bagi mereka yang memiliki masalah maag kronis, puasa dapat memicu keluhan seperti nyeri ulu hati dan perut kembung. Nah, untuk mencegah maag kambuh selama menjalankan puasa, cobalah tips di bawah ini.

1. Hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung

Hindari makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung seperti makanan pedas, kecut atau yang tinggi lemak. Mereka bisa mengiritasi lambung dan membuat maag gampang kambuh. Dalam hal ini, serat menjadi makanan terbaik bagi mereka yang mengalami sakit maag kronis. Selain dapat membantu mempercepat proses pencernaan, serat juga memiliki tingkat produksi asam lambung yang lebih rendah.

2. Jangan langsung tidur setelah makan

Sehabis makan, kita biasanya tergoda untuk langsung berbaring di tempat tidur. Sebaiknya jangan langsung tidur setelah makan. Tunggulah setidaknya dua sampai tiga jam. Ini akan memberi waktu untuk lambung mencerna makanan dan mencegah asam lambung naik.

3. Jangan makan terlalu banyak

Kamu mungkin tergoda untuk menyantap banyak makanan saat sahur atau buka puasa. Akan tetapi, hindari kebiasaan itu karena hanya akan membuat maagmu kambuh. Penderita maag justru lebih disarankan untuk makan dalam porsi kecil, tetapi dengan frekuensi lebih sering. Hal itu perlu dilakukan agar lambung tidak kaget.

4. Hindari minuman berkafein

Jika kamu bermasalah dengan maag, sebaiknya hindari minuman berkafein saat puasa. Hal ini karena kafein dapat memicu asam lambung naik ke tenggorokan. Kondisi itu umumnya akan membuat seseorang merasakan nyeri yang menyiksa di sekitar ulu hati.

5. Makan Tergesa-gesa

Selapar apa pun kamu, ada baiknya untuk tetap makan dalam ritme yang lambat. Makan tergesa-gesa akan membuat kamu tidak mengunyah dengan benar, sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan. Hal itu tentunya bisa memicu berbagai masalah pencernaan, termasuk meningkatkan risiko kenaikan asam lambung.

Perbanyak juga konsumsi air putih saat buka puasa agar asam lambung tidak naik. Semoga tips di atas bisa membuat puasa kamu terasa lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here