FOTO / PEXELS

Traveling bersama teman atau keluarga memang seru. Tapi, kamu juga perlu coba untuk bepergian sendirian. Sensasinya pasti berbeda dan tentunya lebih menantang. Jika kamu sebelumnya traveling berkelompok, kini kamu harus melakukan segalanya sendirian.

Sebelum kamu mencobanya, perlu diingat bahwa isu keamanan menjadi hal yang harus kamu perhatikan saat traveling sendirian. Dan berikut adalah enam hal yang wajib kamu ingat ketika traveling sendirian:

1. Tetap terhubung dengan smartphone-mu

Pastikan bahwa smartphone yang kamu bawa tetap terhubung dengan internet. Dan jangan lupa pula untuk mengunduh aplikasi GPS dan travel booking. Semua hal itu tentu akan membuat perjalananmu terasa lebih mudah.

2. Selalu memberi kabar kepada orang terdekat

Kemanapun kamu pergi, selalu beri kabar kepada orang di rumah atau orang terdekatmu. Ini sangat penting untuk membuat dirimu tetap aman selama bepergian. Setidaknya, jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, mereka bisa menelusuri jejakmu.

3. Taruh uang, kartu atm, dan paspor di tempat terpisah

Jangan taruh uang, kartu atm, atau paspor di tempat yang sama. Biasanya, kita akan menaruh semua barang itu di dalam dompet. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, terutama pencopetan, jangan menyimpan mereka di tempat yang sama.

4. Pelajari dulu daerah yang akan dituju

Selalu ingat pepatah “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Sebelumnya, pelajari dulu adat-istiadat yang dipegang oleh masyarakat lokal di daerah yang akan kamu tuju. Dengan begitu, kamu bisa menghindari hal-hal yang nantinya bisa merugikan diri sendiri. Bagaimanapun, setiap daerah punya aturannya sendiri dan kamu harus menaati itu jika ingin menjaga keamanan diri.

5. Selalu mengunci pintu dan jendela hotel

Tak peduli sebagus dan semewah apapun hotel yang kamu tinggali, kamu harus tetap waspada dengan lingkungan di sekitarmu. Pastikan bahwa kamu selalu mengunci pintu dan jendela hotel, baik itu saat berada di dalam atau luar ruangan. Dan jangan pernah membuka pintu untuk orang asing, terutama jika kamu tidak sedang memesan apapun di hotel tersebut.

6. Selalu menjaga kesehatan

Sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuat tubuhmu sakit. Hal ini karena tidak ada orang yang akan selalu menjagamu ketika sakit di perjalanan. Jadi, usahakan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh ketika traveling sendirian.

Komentar Anda?